Telegram Bot Pencarian Situsali.com Kini Telah Hadir

Sudah hampir satu bulan, saya telah memberi tahukan dalam kanal situsali.com bahwa situsali.com kini telah memiliki bot yang dijalankan via Telegram untuk mencari artikel atau mengetahui artikel terbaru dari situsali.com, dan baru sekarang saya tuliskan informasinya di sini setelah bot situsali.com saya perbaharui beberapa fiturnya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Saya membuat bot ini dengan nama @situsalibot. Seperti yang telah saya tuliskan sebelumnya di kanal bahwa bot ini memiliki fitur pencarian artikel dari seluruh tulisan di sini, dengan kata lain Anda tidak perlu lagi melakukan searching artikel secara manual, cukup tuliskan kata kunci artikel yang Anda ingin cari maka segera bot akan mencarikannya.

Adapun fitur yang saya buat adalah:

  1. Inline bot
    Anda bisa langsung menggunakannya baik dalam pesan pribadi / private message (PM) ataupun dalam grup, tanpa harus menambahkannya (add / invite), karena bot ini saya buat dengan metode inline bot.Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:
  2. InlineKeyboardButton
    Saya menampilkan dua buah tombol yakni selengkapnya dan  gabung kanal @situsali. Lihat gambar di bawah ini:
    situsalibot
  3. Adanya deskripsi artikel beserta featured image (sebagian artikel tidak ada karena sebelumnya saya tidak memasukannya).
  4. Pencarian lebih mudah, cukup gunakan "kata kunci"-nya saja, jika ada artikel maka akan segera ditampilkan. Berikut contoh videonya:

Sementara beberapa fitur itu saja yang dapat saya buat di @situsalibot ini, ke depan akan ada beberapa fitur menarik untuk bot ini.

Komentar disediakan untuk berdiskusi, bertukar pikiran, memberi saran, mengingatkan kesalahan dan pembelajaran. Harap gunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA.
Sebelum berkomentar harap baca dulu Aturan dan Tata Cara Berkomentar demi kenyamanan kita bersama, terima kasih.

Leave a Reply