Telegram Aplikasi Chatting Gratis Open Source Kaya Fitur

Di era modern seperti sekarang ini aplikasi chat sudah menjadi sesuatu hal yang wajib, guna untuk kegiatan berkomunikasi jarak jauh baik dengan keluarga, teman, atau bahkan teman yang baru dikenal di dunia maya πŸ˜† maka tidak heran beberapa aplikasi seperti whatsapp, line, bbm dan lain sebagainya booming di saat ini.

Dari semua itu ada salah satu aplikasi yang perlu saya perkenalkan di sini yakni Telegram. Telegram adalah sebuah aplikasi chatting yang kaya fitur, cross-platform (mendukung banyak OS baik OS untuk komputer ataupun HP), gratis dan juga open source.

Mengapa Telegram?

Ada beberapa alasan tersendiri mengapa perlu menggunakan Telegram:

  1. Telegram itu aplikasi mirip dengan Whatsapp.
    Mengapa saya katakan demikian? Ini supaya memberikan gambaran awal dibenak pikiran Anda. Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi semacam Whatsapp? Ya, meskipun ada, tapi hampir semua orang mengenal aplikasi tersebut baik kalangan muda ataupun kalangan tua, hampir menjadi suatu kewajiban aplikasi WA tersebut diinstal di smartphone mereka.
    Berikut ini saya berikan screenshot-nya:
    telegram-1Bandingan dengan Whatsapp:
    telegramWA-2Dengan begitu di dalam benak pikiran Anda dapat terbayang bukan?
  2. Telegram menyimpan chatting history dalam waktu yang lama.
    Dengan adanya fitur Cloud-Based (berbasis awan) Anda tidak perlu khawatir lagi isi chattingan Anda bersama orang-orang terpenting Anda, karena ini disimpan lama dalam cloud, dan hebatnya baik Anda buka di HP, Web, ataupun versi Dekstop, chat Telegram sama persis dengan apa yg telah Anda ketik sebelumnya, itulah salah satu keunggulan cloud-based.
    telegram-3Itu adalah chat di mana saya baru menggunakan Telegram, terlihat itu dulu memiliki Bug yang susah menambahkan teman di grop πŸ˜€ kalau sekarang sudah canggih dan mudah.
  3. Telegram cross-platform.
    Artinya Telegram dapat digunakan baik di HP baik pengguna Android/iOS/WindowsPhone, Komputer baik Windows/MacOS/Linux, Web, bahkan ada di extension Google Chrome. Anda bisa unduh Telegram berikut:
    https://telegram.org/
  4. Gratis dan Open Source.
    Kalau aplikasi gratis dan bagus banyak, contoh saja seperti Whatsapp, Line, dan BBM mereka semua gratis. Lain hal dengan Telegram, selain gratis ia juga Open Source (sumber terbuka). Ini artinya aplikasi transparan bisa dikembangkan oleh programmer dari seluruh dunia. Atau bagi Anda seorang programmer / developer bisa mengembangkan Telegram versi Anda sendiri, menarik bukan?
  5. Terdapat sticker menarik lagi gratis, sekaligus Anda dapat membuat sticker buatan Anda sendiri.
    Salah satu keunikan daripada Line adalah terdapat sticker-sticker menarik yang membuat ekspresi chattingan Anda terasa lebih hidup. Di Telegram kini hadir pula sticker, meskipun default stickernya hanya sedikit tapi Anda bisa langsung menambahkan sticker tersebut dengan mengklik Pack Info dan Add Sticker. Dan menariknya sticker di Telegram bisa Anda buat sendiri.Berikut contoh sticker.
    telegram-6
    Dan ini sticker default dari Telegramnya.
    telegram-5
    Cara menambahkan sticker:
    telegram-10
    Ya.. dengan cara klik kanan Pack Info. Jika Anda di HP di tekan (tap) lalu klik Pack Info.
    Berikut ini contohnya:
    telegram-11
    Dan Anda bisa langsung Add Sticker tersebut.
    telegram-12
  6. Terdapat fitur reply.
    Fitur ini sangatlah berguna, terutama jika Anda sedang berinteraksi di grup dan Anda ingin menjawab pernyataan dari salah satu orang dari sekian banyaknya orang di dalam grup tersebut. Bagi saya ini cukup baik, karena dengan begitu kita bisa langsung menjawab dari si penanya.
    telegram-7
  7. Anda dapat mengirim gambar baik dari kamera atau dari galeri, lokasi, ataupun file.
    Sangat keren, umumnya aplikasi chatting hanya dapat mengirim gambar ataupun lokasi dari GPS. Akan tetapi tidak untuk Telegram, selain gambar atau lokasi Anda juga bisa mengirim file dokumen atau file dalam bentuk apapun. Dan menariknya, semua gambar ataupun file disimpan dalam cloud dan bisa Anda ambil kembali jika Anda membutuhkan gambar atau file tersebut.Contoh mengirim gambar atau file:
    telegram-9
    Contoh mengambil kembali gambar atau file jika diperlukan:
    telegram-8
  8. Terdapat fitur Secret Chat. Mungkin ini tidak perlu saya jelaskan.
  9. Telegram cepat lagi Aman.
    Mengapa saya katakan aman? Dikarenakan semua chat yang kita kirim itu dienkripkan, artinya Telegram tidak serta-merta mengirimkan teks dalam bentuk plain text.
  10. Terdapat Bot.
    Singkatan dari Robot, artinya tak hanya manusia yang bisa ber-Telegram, bot pun juga bisa. Uniknya, di Telegram terdapat banyak bot, Anda bisa cek sendiri di blog resmi Telegramnya (https://telegram.org/blog/bot-revolution). Selain itu juga, jika Anda mengerti, Anda bisa membuat bot buatan Anda sendiri, luar biasa bukan?

Ya, itulah 10 alasan mengapa menggunakan Telegram, dilihat dari banyaknya fitur yang ditawarkan dan fitur tersebut menjadikan sebuah kelebihan tersendiri.

Kekurangan Telegram

Rasanya tidak fair, jika saya hanya menuliskan kelebihannya, jika saya hanya menuliskan kelebihannya ini menunjukan saya seperti tukang obat atau sales produk πŸ˜€ , padahal saya tidak dibayar pihak Telegram dalam mempromosikannya πŸ˜†

Seperti halnya manusia memiliki sisi kekurangan dan kelebihan masing-masing, begitu juga dengan aplikasi buatan manusia itu sendiri, pasti memiliki sisi kekurangan disamping sisi kelebihan.

Sebetulnya saya belum tahu persis apa kekurangan dari aplikasi Telegram ini, tapi secara garis besar kekuranganya ada pada popularitas dari aplikasi ini. Ya, Telegram tidak sepopuler aplikasi saingan lainnya, meskipun Telegram memiliki kaya fitur tapi jika tidak populer tetap saja orang tidak memakainya. Contoh saya sendiri, tidak banyak teman saya yang menggunakan Telegram. Yang banyak teman-teman dari grup PegeLinux saja πŸ˜†

Yang kedua Telegram belum memiliki fitur Call. Telegram hanya mampu mengirim pesan suara (voicemail) tidak bisa menelepon di sana, padahal fungsi call ini menurut saya sangatlah berguna, ya.. untuk mengurangi biaya pulsa, karena dengan fitur call kita bisa nelpon sepuasnya paling hanya kuota yang tersita, jika Anda menggunakan Wifi, tentu saja ini bisa menjadi solusi menelepon gratis.

Unduhan

Jika Anda ingin mengunakan Telegram, Anda bisa langsung unduh di https://telegram.org dengan memilih sesuai dengan device yang nantinya akan Anda gunakan, atau bisa langsung di Appstore bagi Anda pengguna iOS dan Google Play bagi Anda pengguna Android.

Jika Anda ingin langsung menggunakan Telegram tanpa harus diinstal baik di komputer atau HP. Anda bisa langsung menuju laman berikut:

https://web.telegram.org

Semoga bermanfaat πŸ˜€

16 Comments

  1. Pingback: Pegelinux Komunitas Linux Indonesia di Telegram | Situs Ali

  2. Pingback: Cara Membuat WordPress Menggunakan HTTPS (SSL) Redirect dari HTTP | Situs Ali

Leave a Reply