Situsali Mengganti Tema

Tidak terasa situsali sudah berjalan satu tahun lebih, terhitung sejak oktober 2014 blog ini didirikan. Di awal-awal November ini saya berencana mengganti tema yang digunakan di sini. Meskipun tidak 100% seluruhnya di ganti. Saya masih menggunakan tema lama dan free yakni tema sprakling dari colorlib.com. Jika Anda sama-sama menggunakan WP Anda juga bisa unduh melalui halaman administrasi WP Anda.

Tema yang saya gunakan sudah memasuki versi kedua, awalnya saya tetap menggunakan versi satu dikarena diversi awal sudah saya sedikit modifikasi, jadi saya enggan menggunakan yang baru. Jika saya menggunakan yang baru otomatis semua perubahan tema yang saya modifikasi akan hilang.

Dikarenakan demikan akhirnya saya tetap menggunakan versi awal hingga setelah satu tahun berjalan saya memutuskan untuk update. Untuk core wordpress dan beberapa plugin saya selalu mengupdate. Itu menjadi suatu kewajiban, dikarenakan WP ini merupakan CMS Open Source yang paling banyak digunakan orang untuk membangun blog. Dengan adanya update sudah pasti adanya perbaikan bugs.

Perubahan yang saya lakukan terhadap tema ini adalah:

  1. Tema full-width (Lebar) karena fokus pada kontennya
    Tema Sprakling ini defaultnya menggunakan bootstrap 3 dan menggunakan containter pada setiap contentnya. Saya mengganti menjadi container-fluid, agar konten atau isi dalam postingan terlihat lebih lebar dan luas.
  2. Setiap artikel dan static-page tak ada sidebar.
    Jika Anda mengklik salah satu artikel atau static-page di blog ini, maka sidebar otomatis hilang. Ini saya lakukan karena seperti pada poin pertama yakni fokus pada konten, jadi sidebar saya rasa tidak diperlukan dan hanya ditampilkan diawal laman saja (frontpage).
  3. Menambahkan widget untuk berlangganan artikel (subscribe) via email.
    Jika Anda ingin berlangganan artikel dalam blog ini, Anda bisa memasukan email Anda pada kolom subscribe di sidebar. Dengan demikian Anda akan diberikan notifikasi pada email Anda untuk dapat menikmati artikel-artikel terbaru saya.
  4. Menambahkan ukuran font pada konten.
    Saya menambahkan ukuran font pada konten menjadi 16px defaultnya adalah 14px. Hemat saya dengan melebarkan konten otomatis tulisan akan terlihat lebih kecil, oleh karena itu saya tambahkan ukuran fontnya 2px dari ukuran semula.
  5. Menjadikan semua navigasi menjadi page number navigation.
    Dengan adanya page number, memudahkan saya dan juga pembaca untuk meloncat ke halaman yang dituju. Sebelumnya di sini juga sudah diterapkan, tapi saya hanya menerapkan pada fontpage saja, sedangkan yang sekarang saya menempatkan pada semuanya, baik pada catagory page, tag result, dan search result terdapat page number navigation.
  6. Sidebar di frontpage berada di sebalah kiri.
    Saya merubah demikian karena alasan poin pertama juga yakni fokus dikonten. Jadi dengan adanya sidebar disebalah kiri, menjadikan kita langsung terfokus pada tulisan readmore. (Nb: Menurut cara pandang saya, agak sedikit subjektif).
  7. Menambahkan icon sosmed di sidebar.
    Anda bisa lihat sendiri akun sosial media saya pajang di-sidebar.

Demikianlah itu saja pemberitahuan dari saya semoga dengan adanya tema yang baru ini, para pembaca menjadi lebih nyaman membaca tulisan-tulisan di sini. Saya tahu perubahan itu akan membawakan efek kurang nyaman diawal karena terbiasa dengan yang tampilan lama, beberapa masukan teman-teman dari Telegram saya telah mengatakan demikian juga yakni “lebih nyaman yang lama”. Hemat saya hanya belum terbiasa saja, nanti lama-kelamaan juga terbiasa. 🙂

Ayo Berlangganan!

Dapatkan pemberitahuan artikel-artikel terbaru super cepat, langsung dari surel Anda.
Lebih dari 320 telah berlangganan situsali.com, ayo segera daftarkan surel Anda sekarang juga!


2 thoughts on “Situsali Mengganti Tema”

Leave a Reply