Situsali Mencopot Layanan CloudFlare dan Beralih ke Let’s Encrypt

Sekitar 3 hari yang lalu situsali mendapati suatu kejanggalan, yakni sangat lamban ketika diakses. Saya berfikir itu mungkin disebabkan dari VPS saya, dan kemungkinan paling lama hanya satu hari saja. Ternyata benar, di hari kedua situs ini normal kembali. Namun, semalam sampai hari ini, kejadian itu terulang kembali. Dan saya masih berfikiran sama.

Timbul rasa kecurigaan hemat saya ini bukan dari VPS. Saya mencoba masuk VPS melalui SSH, dengan mencoba tes koneksi ternyata normal. Juga saya mencoba beberapa situs yang berada dalam VPS situsali ini, juga normal. Hanya pada situsali.com saja yang lamban diakses.

Saya mencoba mencari tahu, dengan menduga bahwa ini disebabkan oleh CloudFlare. Sudah 2 tahun CloudFlare menjadi andalan situs ini. Saya gunakan CloudFlare untuk beberapa layanan pentingnya yakni SSL gratisannya dan fitur perlindungan DDoS, IP Filtering, juga DNS Management. Ketika saya mencoba mendisable CloudFlare, Situsali dapat berjalan dengan normal.

Berhubung kondisi badan saya saat ini kurang fit, akhirnya semalam saya copot sementara layanan CloudFlare dan menggantikannya dengan Let’s Encrypt. Karena situs ini sudah 2 tahun berjalan dengan https, jadi harus gunakan https terus. Namun sialnya semalam pada saat meng-generated, Let’s Encrypt tidak dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya, saya coba berkali-kali sampai menggunakan Let’s Encrypt terbaru yang saya clone dari repositorinya di GitHub, hasilnya tetap sama. Dikarenakan kondisi tubuh saya semalam kurang fit, saya biarkan saja terlebih dahulu menggunakan SSL Self-Signed, dan saya umumkan terlebih dahulu di Channel Telegram (https://t.me/situsali/152) juga di Twitter.

Kini Beralih ke Linode

Situsali sebetulnya sudah 2 kali mengalamai perpindahan VPS. Awalnya saya membeli VPS di DigitalOcean, itu berjalan mulus selama setahun lebih enam bulan (setahun setengah), sampai saya terpaksa harus pindah ke Vultr kerena di DO saya mengalami musibah berupa kerusakan pada hardware, saya tidak umumkan kejadian itu di sini, melainkan hanya saya tulis pada channel Telegram (Baca: https://t.me/situsali/97). Saya membeli Vultr dengan paket referral dari teman saya bernama Ngalim Siregar, yang akhirnya mendapatkan kredit sebesar $30. Sudah 6 bulan (hingga sekarang) situsali berjalan mulus tidak ada kendala apapun di Vultr. Dan menurut cukup bagus ditinjau dari sisi spesifikasi dibandingkan DO.

Sebetulnya di Vultr pada saat ini, saya mesih memiliki kredit sebesar $6, itu artinya saya masih memiliki jatah gratis selama satu bulan penuh. Namun, awal bulan maret ini saya tetap pindah ke Linode, meskipun mesih menyisakan kredit di Vultr. Mengapa saya pindah ke Linode? Alasannya spesifikasinya cukup menggiurkan hanya $5 di Linode kita sudah mendapatkan spesifikasi yang cukup wow yakni: 1 GB RAM, 1 CPU Core, 20 GB SSD Storage, 1 TB Transfer, 40 Gbps Network In, 1000 Mbps Network Out. Mengapa saya tebalkan RAM 1 GB? Karena dengan spesifikasi yang sama dan harga yang sama di DO ataupun Vultr, Linode masih jauh lebih menang. Perbedaannya hanya sedikit, di DO 512 MB, di Vultr 768 MB.

Hemat saya dengan spesifikasi itu sudah sangat lebih dari cukup, mengingat situsali sebelumnya di DO menggunakan RAM 512 MB sudah cukup kencang. Nah, akhirnya saya tertarik untuk pindah ke Linode.

Menggunakan Let’s Encrypt

Berhubung saya juga kecewa dengan layanannya CloudFlare, total akhirnya saya benera-benar mencopot layanannya, dan menggantikan Let’s Encrypt untuk sertifikasi SSL-nya. Lalu bagimana fitur lainnya seperti IP Filtering, Always ON, anti DDoS, dan lain sebagainya? Untuk DNS, saya menggunakan DNS Management bawaan dari Linode, sedangkan yang lain belum terpikirkan sambil berjalan saja. Yang terpenting pada saat ini situsali.com dapat diakses dengan normal kembali, dan menggunakan sertifikat SSL dari Let’s Encrypt tidak lagi menggunakan Self-Signed.

Ayo Berlangganan!

Dapatkan pemberitahuan artikel-artikel terbaru super cepat, langsung dari surel Anda.
Lebih dari 320 telah berlangganan situsali.com, ayo segera daftarkan surel Anda sekarang juga!


Leave a Reply