Situs Ali Kini Menggunakan VPS

Di bulan awal-awal Agustus lama sekali saya tidak update artikel di blog ini, dikarenakan faktor ke sibukan di real-life belum lagi masalah minggu lalu, di mana saya ada rencana untuk memindahkan hosting situsali.com dari shared hosting menuju VPS (Virtual Private Server). Alasan utama saya ingin menggunakan VPS karena dirasa resource di web ini sudah melebihi batas.

Meskipun sebelumnya situsali.com ini saya gunakan dari hasil hosting reseller saya sendiri, dan bisa saja saya besarkan resource bandwidth yang ada karena saya sendiri kan sebagai adminya :-D, akan tetapi karena komitmen awal saya memberikan batasan terhadap web ini dengan klien saya yang satu hosting juga, untuk menjaga agar tetap adil dengan klien.

Sebelum menyewa hosting saya sempat browsing beberapa kali mencari Hoster VPS terbaik, dengan harga terjangkau 😀 dan juga Data Center terletak di Singapore, mengapa? Agar dapat diakses cepat baik dari Indonesia ataupun luar negeri, meskipun target pembaca dari situsali.com ini adalah lebih kepada target orang Indonesia. Dan akhirnya jatuh pada dua pilihan hoster VPS yakni DigitalOcean atau Linode.

Mengapa saya tidak memilih hoster Indonesia saja? Sebelumnya saya juga pernah menggunakan VPS Indonesia dan saya juga sudah mencoba hosting dari beberapa hoster Indonesia terkenal, tapi ada beberapa kekecewaan dari pelayanannya, saya tidak menyebut apa nama hoster tersebut karena dapat menjatuhkan reputasi, saya rasa mungkin ada salahnya juga dari saya. Dan akhirnya saya memilih hoster luar, sekaligus mencoba pengelaman baru.

Kendala utama bagi seorang yang ingin menyewa hosting di luar negeri itu adalah metode pembayaranya. Umumnya mereka hanya menerima pembayaran melalui kartu kredit atau dari rekening pihak ketiga seperti Paypal. Jika Anda tidak punya kartu kredit, Anda bisa membayarnya dengan Paypal, akan tetapi Paypal membutuhkan kartu kredit untuk dapat diverifikasi, meskipun banyak cara agar bisa terverifikasi akun Paypal kita misalnya dengan bantuan VCC (Virtual Credit Card).

Alhamdulillah, setelah saya lulus kuliah saya diterima bekerja dengan gaji yang cukup untuk memenuhi hidup saya. Dengan mengandalkan keberanian saya di Bank untuk membuat kartu kredit akhirnya saya diterima. Meskipun awalnya juga dulu sering ditolak oleh Bank.

Oke, saya tidak banyak menceritakan tentang kartu kredit, intinya sekarang saya dihadapi oleh dua pilihan hosting yakni DigitalOcean atau Linode. Yang nantinya digunakan untuk situsali.com ini. Dan akhirnya keputusan jatuh pada pilihan DigitalOcean. Mengapa saya memilih DO? alasan pertama DO memiliki resource yang cukup lebih dibandingan dengan Linode, dengan harga yang sama-sama cukup murah. Disamping itu DO memiliki berapa artikel yang cukup membantu bagi seorang pemula yang baru migrasi ke DO. Seperti contoh berikut:

do
Kebetulan saya memilih Debian sebagai OS utamanya. Saya sendiri sebetulnya tidak membaca surel yang diberikan pihak DO tersebut, karena saya sebelumnya sudah pernah bermain VPS, dan begitu saya membaca ternyata sama seperti yang dulu saya praktekan di VPS saya. Jadi surel seperti ini akan sangat bermanfaat sekali bagi para pengguna awam dalam menggunakan VPS.

Oiya, kebetulan saya baru 5 hari menggunakan VPS ini, dan masih banyak yang belum saya setting. Disamping itu beberapa klien saya juga sedang saya pindahkan hosting ke DO.

Hadirnya VPS ini, membuat saya berkeinginan untuk menuliskan beberapa tutorial tentang VPS di blog ini, untuk kalangan pemula dengan berbahasa Indonesia. Yang mana nanti berguna untuk para pembaca, juga menjadi sebuah media catatan saya tersendiri. Karena pada dasarnya menulis artikel itu adalah sarana untuk mengingat apa yang pernah dilakukan. 😆

Ayo Berlangganan!

Dapatkan pemberitahuan artikel-artikel terbaru super cepat, langsung dari surel Anda.
Lebih dari 320 telah berlangganan situsali.com, ayo segera daftarkan surel Anda sekarang juga!


5 thoughts on “Situs Ali Kini Menggunakan VPS”

  1. Selamat ya, Kang. Kalau saya punya VPS sendiri, saya mau bangun apt-web.

    Satu hal, jangan pernah lupa ganda ‘k’ pada kata seperti ‘praktikkan’, ‘kontrakkan’, ‘tabrakkan’ yang semuanya itu verb bukan noun. Ada setidaknya satu kata termaksud di atas.

  2. Iya kang terima kasih. Apt-web bukannya sudah ada kang?
    Terima kasih pula atas koreksi bahasanya, akan saya revisi artikel ini.

Leave a Reply