Reset Password Akun Root Pada Mariadb/MySQL di GNU/Linux

Umumnya beberapa orang lebih suka membuat password diberbagai akun mereka dengan password yang sama. Adapula beberapa orang, tiap akun menggunakan password yang berbeda-beda, demi keamaan. Mungkin Anda termasuk orang yang mementingkan keamaan suatu password, maka dibuat password yang berbeda-beda dan rumit. Belum lagi password tersebut adalah hasil generated password yang mana nilainya adalah karakter acak yang memang pastinya tidak akan dapat terbaca.

Adahalnya sifat manusiawi kita muncul yakni lupa. Dan ironisnya, kita lupa pula mencatatnya baik itu catatan yang disimpan di dalam cloud ataupun catatan manual di buku catatan pribadi; atau pula lupa mencatatnya di password manager. Kalau untuk akun seperti email, mungkin kita bisa gunakan fasilitas forgot password, kalau akun itu adalah akun root database server, bagaimana?

Kali ini saya akan memberikan sedikit tips tentang bagaimana me-reset password akun root database server Anda. Jangan khawatir tentang distro yang Anda gunakan, karena tulisan ini bersifat umum artinya dapat dipraktekan di seluruh distro GNU/Linux. Meskipun pada praktiknya dalam tulisan ini, saya menggunakan Arch Linux.

Langsung saja kita mulai. Jika Anda pengguna VPS atau Dedicated Server, terlebih dahulu Anda konek ke server Anda via SSH. Jika Anda pengguna localhost, jangan lupa nonaktifkan mariadb atau mysql Anda.

Pengguna Systemd:

Pengguna Non-Systemd

Kemudian lakukan perintah berikut:

Tunggu beberapa saat lalu tekan ENTER. Kemudian ketik perintah berikut:

Lalu lakukan perintah di bawah ini ketika Anda sudah masuk di console Mariadb/MySQL:

Selesai, Anda bisa langsung mulai menjalankan Mariadb/MySQL Anda.

Pengguna Systemd:

Pengguna Non-Systemd

Dan selamat, password root database server Anda sudah di reset, Anda bisa login dengan password baru Anda:

Semoga bermanfaat 😁

Leave a Reply