Persiapan Memulai Belajar GTK+

Jika sudah paham mengenai pengertian dari GTK+, langkah selanjutnya adalah mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membangun aplikasi menggunakan pustaka GTK+ ini, dan menggunakan tool apa sajakah yang direkomendasi, serta sistem operasi apa sajakah yang perlu disiapkan.

Memasang GTK+ Devel

Pertama-tama untuk belajar GTK+ sudah tentu pasti kita harus memasangnya dulu. Ada berbagai macam cara untuk memasang GTK+, dan tiap sistem operasi berbeda beda. Untuk sementara di sini, saya hanya mencontohkan pemasangan GTK+ devel bagi Anda pengguna GNU/Linux untuk distro Ubuntu dan Arch linux beserta derivatifnya saja.

Pengguna Ubuntu dan derivatifnya.

Pengguna Archlinux dan derivatifnya.

Pemahaman Bahasa Pemrograman

Diharapkan pembaca sudah memahami dan menguasai dasar-dasar bahasa pemrograman C, jika belum lebih baik pelajarinya terlebih dahulu agar langkah-langkah yang ada di sini tidak menyulitkan, karena secara garis besar di situs ini tidak akan menjelaskan baris kode mengenai C, akan tetapi fokus pada GTK+ nya saja.

Berlaku pula dengan bahasa pemrograman lainnya, akan tetapi fokus tulisan perdana di situs GTK+ ini adalah dengan bahasa pemrograman C terlebih dahulu baru kemudian bahasa pemrograman lainnya.

IDE atau Text Editor pendukung

Untuk IDE Anda bisa menggunakan Gnome Builder (disarankan) atau Code Blocks untuk aplikasi text editor Anda bisa menggunakan Geany (disarankan), Gedit, dan lain sebagainya.