Perintah Dasar MySQL/Mariadb via CLI


Cukup banyak tool ber-GUI yang mempermudah dalam penggunaan MySQL/Mariadb. Salah satunya yang terkenal yakni phpMyAdmin. Pada tutorial sebelumnya. Saya telah membahas bagaimana cara pemasangan MySQL atau Mariadb. Namun itu hanya sebatas pemasangannya saja, belum pada tahap penggunaannya.Lagi pula, saya memberikan pula cara pemasangan phpMyAdmin, dengannya kita bisa langsung pakai tanpa perlu banyak tahu perintah-perintahnya. Cukup klik dan klik.

Pada tulisan kali ini saya merangkum beberapa perintah-perintah dasar yang wajib diketahui, atau kalau perlu dihapal untuk penggunaan MySQL/Mariadb via CLI. Karena perintah ini sudah bisa mewakili beberapa hal dasar dalam pengaturan peladen (server).

Berikut perintah-perintahnya:

Login/Logout MySQL/Mariadb

Untuk keluar dari Maridb/MySQL ketik quit atau \q.

Menampilkan Seluruh Isi Database

Menampilkan Seluruh User

Membuat Database

Membuat User Baru

Mengganti Password User

Memberi Hak Pada User

Menghapus User

Menghapus Database

NB: Truncate untuk menghapus seluruh table dalam database Anda, jika tidak ada table bisa langsung drop. Dalam contoh di sini saya langsung menggunakan perintah drop, karena memang table dalam database tidak dibuat di contoh tulisan ini.

Backup MySQL/Mariadb

Restore Database

Lalu ketik:

Atau perintah lebih singkat:

Semoga bermanfaat 😁

Ayo Berlangganan!

Dapatkan pemberitahuan artikel-artikel terbaru super cepat, langsung dari surel Anda.
Lebih dari 320 telah berlangganan situsali.com, ayo segera daftarkan surel Anda sekarang juga!



Perhatian!

Demi kenyamanan bersama, sebelum berkomentar, harap gunakan bahasa yang baik dan benar. Juga baca aturan dalam berkomentar. Dilarang berkomentar yang dapat memicu pertengkaran dan menyinggung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan).

Leave a Reply