Pegelinux Komunitas Linux Indonesia di Telegram

Salah satu kekuatan terbesar dari pengguna Linux adalah ada pada bentuk komunitasnya, maka tak heran sampai sekarang Linux tetap eksis. Beberapa komunitas biasanya terlahir dari adanya Distro Linux itu sendiri, karena kesamaan ideologi maka terciptalah Distro tersebut dengan komunitasnya. Contohnya komunitas Ubuntu yang merupakan komunitas terbanyak dari beberapa distro yang ada. Pegelinux adalah salah bentuk komunitas Linux Indonesia via Telegram. Jika Anda belum mengetahui apa Telegram itu, ada baiknya baca artikel saya sebelumnya mengenai Telegram (baca ini).

pegelinux

Sejarah Singkat Pegelinux

NB: Tulisan sejarah ini berdasarkan pengelaman saya sendiri sebagai orang yang bergabung saat awal Pegelinux itu berdiri, jika ada beberapa sejarah yang kurang ditulis, mohon berikan komentar di postingan artikel ini.

Didirikan oleh Sahri Riza Umami (ID Kaskus si_kabayan) pada tanggal 30 Januari 2015 dalam sebuah thread di Kaskus bernama PegeLinux: Telegram users group for those who Pegel with Linux. Adanya Pegelinux awalnya hanyalah sebuah sarana perkenalan diri sebagai sesama pengguna Linux dalam forum Kaskus, dan juga sebagai sarana berbagi pengetahuan atau pengelaman salam menggunakan Linux itu sendiri dan juga sedikit obrol-obrolan santai terlepas dari topik (Out of Topic).

Saya sendiri sudah dari awal ada disana karena mendapatkan undangan dari teman saya Muhammad Hasan al-Banna (ID Kaskus Se7enTime). Seperti halnya sebuah grup atau komunitas yang baru berdiri wajar saja pada saat itu masih sepi anggota, belum lagi karena masalah di aplikasi Telegram itu sendiri yang kurang populer di Indonesia. Dikarenakan sepi, belum lama berdiri Pegelinux sempat dibubarkan. Namun, tak lama akhirnya Pegelinux itu didirikan kembali dan hingga saat ini anggota sudah mencapai 110 lebih.

Mengapa Pegelinux Berada di Telegram

Telegram merupakan aplikasi sumber terbuka (opensource) yang memiliki kelebihan tersendiri yakni:

  • Chat di Telegram berada dalam cloud dan terenkrip.
    Anda tidak perlu khawatir dengan kehilangan percakapan Anda di Telegram karena semua percakapan disimpan dalam cloud, dan juga percakapan kita dienkrip sebelum disimpan dalam dalam cloud di Telegram.
  • Telegram bisa diakses diberbagai device.
    Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk bisa menggunakan Telegram karena Telegram bisa digunakan oleh berbagai perangkat device, jadi tak hanya fokus pada smartphone. Anda bisa menggunakan Telegram dari Desktop ataupun Web.
  • Telegram memiliki Bot
    Dengan adanya fungsi Bot ini bisa menggantikan tugas-tugas dari sang Admin.

Untuk lebih lengkapnya Anda bisa membaca artikel saya sebelumnya mengenai kelebihan dari Telegram ini: Telegram Aplikasi Chatting Gratis Open Source Kaya Fitur

Sub Grup Pegelinux

Seiring dengan banyaknya anggota Grup Pegelinux dan topik pembahasan menjadi beragam hingga akhirnya melahirkan 2 sub grup. Didirkan atas dasar untuk menghargai angota grup Pegelinux itu sendiri dan dengan tujuan agar obrolan tetap terjaga sesuai dengan kategori. Sub grup itu adalah:

  1. Pegelinux – Lounge
    Di sini adalah tempatnya semua obrolan tanpa batas tertentu atau OOT (Out of Topic) yang terpenting tidak menyinggung SARA dan bukan obrolan yang bersifat porno dan flaming.
  2. Pegelinux – Dev
    Di sini adalah tempat berkumpulnya para developer dari berbagai bahasa pemerograman apapun, tidak dibatas oleh latar belakang baik Anda pro ataupun newbie, baik Anda programmer Web, Desktop atau Mobile. Karena keseriusan serta kekompakan sub grup ini hingga sub grup ini telah menghasilkan sebuah project bernama Racikode.
    Jika Anda ingin bergabung di Racikode silahkaan PM ke twitter (https://twitter.com/racikode) atau melalui FB Fans Page (https://www.facebook.com/pages/Racikode/135750286762834).

Gabung di Pegelinux

Mari gabung dikomunitas Pegelinux via Telegram dan ikutilah beberapa project kami di Racikode. Silahkan klik Link berikut untuk bergabung di Pegelinux: https://telegram.me/joinchat/01f076eb00eacaaece2a879f39602cbc. Mohon maaf invite link saat sedang dihapus karena alasan munculnya bot spammer, jika Anda ingin join silahkan berkomentar di blog ini. Terima kasih.

 

Edit: Invite link grup Pegelinux sudah dibuka kembali, jika Anda ingin join silahkan klik link berikut:
https://telegram.me/joinchat/AfB26wDqyq47Kc6rYyp8Lg

Ayo Berlangganan!

Dapatkan pemberitahuan artikel-artikel terbaru super cepat, langsung dari surel Anda.
Lebih dari 320 telah berlangganan situsali.com, ayo segera daftarkan surel Anda sekarang juga!


20 thoughts on “Pegelinux Komunitas Linux Indonesia di Telegram”

Leave a Reply