Mudah Mengetik Arab Sesuai Fonetik

Pernahkah kita berfikir, mengapa pada saat mengetik aksara Arab tombol tidak sesuai dengan fonetiknya? Misalnya seperti pada saat kita menulis huruf alif, dengan menekan tombol a, malah yang keluar bukan huruf alif, melainkan huruf ش .Ya karena memang Arabic keyboard layout baik QWERTY ataupun AZERTY sejak awal diciptakan oleh Selim Shibli Haddad sudah demikian tidak sesuai dengan fonetiknya. Bagi Anda yang baru pertama kalinya mencoba mengetik aksara Arab di komputer pasti akan sangat sulit, karena Anda harus menyesuaikan perbedaan layout, belum lagi jika kita menulis disertai harkat/tasakil/diacritic, akan sangat menyulitkan.

Ayo Join! di Channel @situsali dapatkan artikel terbarunya via Telegram

Oleh karena itu kita butuh papan ketik (keyboard) yang dapat menyesuaikan dengan fonetik aksara Arab, agar menjadi lebih mudah dan cepat. Tulisan kali ini saya akan menjelaskan tentang itu. Dan tulisan ini berlaku untuk semua jenis sistem operasi dekstop yang umum digunakan yakni Windows, GNU/Linux dan MacOS. Untuk pertamanya kita bahas pengguna GNU/Linux.

Untuk Pengguna GNU/Linux

Sebetulnya cara yang paling mudah bagi Anda pengguna GNU/Linux adalah dengan memasang Arabic keyboard layout Buckwalter. Buckwalter adalah penerjemahan yang dikembangkan oleh perusahaan Xerox dengan Tim Buckwalter, mereka menciptakan skema layout untuk papan ketik Arab berdasarkan ASCII. Dengan demikian, ketika kita menulis huruf alif, dapat menggunakan tombol a.

Cara memasangnya. Dikarenakan GNU/Linux memiliki banyak DE, sedangkan saya hanya pengguna Gnome. Jadi tangkapan layar hanya saya berikan sesuai dengan DE yang saya pergunakan. Akan tetapi, intinya sama saja. Pertama-tama Anda masuk ke settings, kemudian pilih Region and Language, dan pilik Arabic (Buckwalter).

Berikut videonya:

Nah sekarang kita tinggal ketika saja misalnya:

الحمد للهA-l-H-m-d l-l-h
عليE-l-y
محمدm-H-m-d
اَلْحَمْدُ لِلّٰهِAa-lo-Ha-mo-du li-l~`-hi

Sangat mudah bukan? Berikut ini layout-nya jika Anda ingin pelajari: https://en.wikipedia.org/wiki/Buckwalter_transliteration

Untuk Pengguna Windows dan MacOS

Bagi Anda pengguna Windows ataupun MacOS. Cara termudah menulis Arab berdasarkan fonetiknya, bisa menggunakan Arabic Phonetic Keyboard Layout yang dapat Anda unduh di:

http://arabic.omaralzabir.com/

Jika Anda mengalami masalah, saya telah membuatkan cerminnya (mirror):

Atau khusus pengguna Windows dapat membuat layout-nya berdasarkan layout yang sudah jadi berikut:

  1. Pertama-tama unduh Microsoft Keyboard Layout Creator.
  2. Kemudian layoutnya Arabic Phonetic Keyboard Layout.

Semoga bermanfaat 😁

Leave a Reply