Mengatasi Error Saat Mysql Diupgrade


Artikel lalu saya pernah bercerita bahwa saya telah memperbarui (upgrade) Mariadb dari versi 10.1 ke versi 10.3 selain karena tujuannya agar mendukung format utf8mb4 juga agar tidak terjadi galat di-project saya yang menggunakan Laravel versi 5.6 pada saat migration. Untuk proses upgrading memang tidak terjadi masalah, database-nya pun dapat diakses dengan sempurna.

Namun, pada saat saya membuka ingin mengekspor database saya mendapati galat (error) yang kira-kira pesannya seperti berikut:

Galat di atas tidak hanya pada saat mengekspor, ia juga tampak pada saat saya membuka Adminer.Kalau dilihat dari galat ya diberikan, sebetulnya mengatasi hal tersebut caranya cukup mudah yakni hanya melakukan satu peritah seperti di bawah ini:

Tunggu hingga selesai, jika sudah. Coba kita lihat dari Adminer apakah masih terjadi galat? Saya rasa masalah sudah teratasi šŸ˜†

Ayo Berlangganan!

Dapatkan pemberitahuan artikel-artikel terbaru super cepat, langsung dari surel Anda.
Lebih dari 320 telah berlangganan situsali.com, ayo segera daftarkan surel Anda sekarang juga!



Perhatian!

Demi kenyamanan bersama, sebelum berkomentar, harap gunakan bahasa yang baik dan benar. Juga baca aturan dalam berkomentar. Dilarang berkomentar yang dapat memicu pertengkaran dan menyinggung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan).

Leave a Reply