Memperbaiki “X11 forwarding request failed on channel 0”


X11 forwarding merupkan bagian fitur dari SSH, yang merupakan suatu mekanisme yang mana dengannya kita dapat meneruskan tampilan grafis di bawah naungan X11 Server melalui SSH. Singkatnya, dengan memanfaatkan X11 forwarding, kita dapat menjalankan aplikasi berbasis GUI di localhost dari jarak jauh di server. Fitur ini sendiri, merupakan salah satu fitur yang sering saya pergunakan dalam kegiatan me-remote suatu server.

Yang paling sering adalah ssh-ask-pass GUI, yakni ketika saya me-rsync suatu berkas, contohnya seperti berikut:

Seperti yang di lihat dari artikel di atas, cara tersebut memang sangat efisien dan mempermudah saya ketika berurusan dengan kegiatan unduh dan unggah berkas dari server tanpa harus memperhatikan permission-nya lagi, karena posisi saya adalah akun dengan kemampuan sudo. Singkat cerita, tadi pagi saya ingin mengambil berkas yang belum ada di localhost, tiba-tiba saya mendapati galat X11 forwarding request failed on channel 0. Seperti gambar di bawah ini:

Mencoba mencari tahu penyebab masalah tersebut, dan saya menemukan artikel yang mengatakan bahwa penyebab utamanya adalah IPv6 dalam server telah di disable, dan ini memang benar sebelumnya, saya terpaksa men-disable IPv6 pada server karena ada suatu permasalah dengan SSL let’s encrypt. Artikel tersebut menyarakan untuk menambahkan kode berikut pada /etc/ssh/sshd_config :


Lalu:


Setelah selesai langsung restart saja service SSH nya.


atau bagi pengguna Systemd


Dan, violaa.. akhirnya masalah selesai, dan X11 forwarding dapat dipergunakan dengan sebagai mana mestinya.

Daftar isi

Sumber:

Ayo Berlangganan!

Dapatkan pemberitahuan artikel-artikel terbaru super cepat, langsung dari surel Anda.
Lebih dari 320 telah berlangganan situsali.com, ayo segera daftarkan surel Anda sekarang juga!



Perhatian!

Demi kenyamanan bersama, sebelum berkomentar, harap gunakan bahasa yang baik dan benar. Juga baca aturan dalam berkomentar. Dilarang berkomentar yang dapat memicu pertengkaran dan menyinggung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan).

Leave a Reply