Memperbaiki Error “mysql DB Error: Incorrect key file for table”


Tadi pagi saya mendapati suatu masalah mengenai situs yang saya kelola yakni terdapat notifikasi “mysql DB Error:  Incorrect key file for table; table.MYI try to repair it”. Entah apa penyebabnya, padahal tadi malam situs tersebut baik-baik saja. Mencoba mencari tahu apa penyebabnya dari mesin pencarian, nah berikut ini hal yang saya lakukan pada saat perbaikan tersebut yakini:

Pertama saya mendapati hasil, bahwa galat tersebut disebabkan oleh /tmp yang penuh. Saya pikir mungkin benar juga /tmp sudah penuh. Akhirnya, saya mencoba cek dengan perintah df -h hasilnya ternyata ruangan (space storage) masih sangat lega.

Terlihat bahwa /tmp saat ini baru terpakai 1%, dengan kata lain masalahnya bukan di sini. Kemudian saya mencoba melakukan pencarian lagi dengan kata kunci yang berbeda dan ketemu, yakni dengan cara memperbaiki berkas database tersebut ekstensi *.MYI .Perbaikan tersebut menggunakan myisamchk.

Sebelum melakukan itu, pastikan kita mengetahui di mana letak berkas database, umumnya di direktori /var/lib/mysql kalau belum yakin, kita cari saja berkasnya dengan find yakni:


Jika sudah ketemu di mana letak berkasnya, langsung lakukan perintah berikut:


Nah perbaikan database telah selesai dilakukan, cek lagi apakah masih terjadi galat? Jika masih, lakukan kembali perbaikan dari dalam, yakni dengan masuk ke database server.

Login MySQL/MariaDB:


atau


Kemudian lakukan perintah berikut:


Langsung coba refresh situs tersebut, jika masih terjadi galat lakukan perintah repair table kembali sesuai dengan notifikasi galat tersebut sampai akhirnya galat hilang.

Dan viola.. saya berhasil! Akhirnya situs tersebut normal kembali.

Ayo Berlangganan!

Dapatkan pemberitahuan artikel-artikel terbaru super cepat, langsung dari surel Anda.
Lebih dari 320 telah berlangganan situsali.com, ayo segera daftarkan surel Anda sekarang juga!



Perhatian!

Demi kenyamanan bersama, sebelum berkomentar, harap gunakan bahasa yang baik dan benar. Juga baca aturan dalam berkomentar. Dilarang berkomentar yang dapat memicu pertengkaran dan menyinggung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan).

Leave a Reply