Memasang Ruby Terbaru di Ubuntu 16.04 LTS


Hampir seluruh distribusi GNU/Linux pasti menyediakan paket untuk bahasa pemrograman ruby. Perbedaannya hanya terletak pada versi ruby yang disediakan oleh masing-masing repositori. Umumnya, distro yang memiliki masa dukungan panjang (long term support), paket yang terdapat didalamnya cendurung lebih lawas dari sumber aslinya (upstream), dikarenakan mereka memegang teguh prinsip stabilitas. Dengan demikian, jika kita ingin menggunakan aplikasi terbaru perlu dikompilasi terlebih dahulu dari sumber aslinya atau mungkin menggunakan repostori non resmi (unofficial).

Sama halnya dengan paket ruby di Ubuntu 16.04 LTS, paket yang ada bukanlah paket ruby terbaru. Karenanya, kita perlu mengkompilasi dari sumber aslinya. Untuk mempermudah, kita bisa gunakan rbenv dan ruby-build langsung dari sumbernya di GitHub.

Jika sebelumnya kita sudah terlanjur memasang ruby yang bersumber dari repository Ubuntu, hapus dulu ruby tersebut, dengan cara berikut:

Kemudian pasang beberapa dependensi yang diperlukan untuk mengkompilasi rbenv dan ruby-build.

Lalu pasang rbenv yang kita ambil dari GitHub.

Kemudian selanjutnya pasang ruby-build.

Setelah itu, barulah kita pasang ruby versi terakhir berdasarkan tautan https://www.ruby-lang.org/en/downloads/ . Saat ini ruby terbaru versi 2.4.1. Nah, tinggal panggil saja dengan rbenv lalu jadikan global.

Untuk memastikan ruby yang kita pakai sesuai atau belum bisa cek versinya dengan cara:

Selesai ruby yang dipasang sudah terbaru. Selanjutnya yang perlu digaris bawahi, jika kita ingin memasang library dari ruby jangan gunakan repositori Ubuntu, tapi gunakanlah gem. Contoh:

Oke sampai di sini dulu, semoga tulisan ini bermanfaat.

Ayo Berlangganan!

Dapatkan pemberitahuan artikel-artikel terbaru super cepat, langsung dari surel Anda.
Lebih dari 320 telah berlangganan situsali.com, ayo segera daftarkan surel Anda sekarang juga!



Perhatian!

Demi kenyamanan bersama, sebelum berkomentar, harap gunakan bahasa yang baik dan benar. Juga baca aturan dalam berkomentar. Dilarang berkomentar yang dapat memicu pertengkaran dan menyinggung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan).

2 Replies to “Memasang Ruby Terbaru di Ubuntu 16.04 LTS”

  1. Mending pake ruby-2.3 dulu jangan yang 2.4, kecuali emang program yang mau dipake mensyaratkan begitu. Banyak deprecation warning terutama kalo library yang dipake jadul

Leave a Reply