Memasang FortiClient di Ubuntu 18.04 LTS


Di kantor ketika saya hendak memasuki server, diwajibkan menggunakan VPN. Untuk terkoneksi VPN kami menggunakan FortiClient. Sangat mudah, cukup memasukan username dan password VPN dan langsung terkoneksi. Sayangnya, aplikasi FortiClient hanya tersedia di Windows dan MacOS saja. Bagi pengguna GNU/Linux hanya disediakan versi CLI nya saja, dan penggunaannya cukup rumit. Untungnya salah seorang developer ada yang berinisiatif membuat GUI nya, yakni OpenFortiGUI.

OpenFortiGUI, tidak perlu dijelaskan apa itu, yang jelas ia adalah aplikasi alternatif FortClient di GNU/Linux.

Untuk memasangnya Anda bisa langsung unduh berkas .deb nya disesuaikan dengan versi Ubuntu, karena dalam artikel ini saya menggunakan Kubuntu 18.04 saya memilih mengunduh versi Ubuntu 16.04, dan ternyata masih bisa berjalan dengan normal.

Berikut ini tautan unduhannya:
https://hadler.me/linux/openfortigui/

Atau ikuti bisa mengikuti perintah berikut:

Sebelum memasang OpenFortiGUI terlebih dahulu kita pasang dependensinya:

Baru kemudian pasang OpenFortiGUI nya:

Nah, OpenFortiGUI sudah terpasang, selanjutnya tinggal kita konfigurasi saja disesuaikan dengan server VPN Anda.

Saya telah mencoba aplikasi ini di Kubuntu 18.04 LTS, hemat sayang untuk varian Ubuntu lainnya tentu saja bisa. Berikut ini contoh ketika saya sudah terkoneksi FortiGate

Ayo Berlangganan!

Dapatkan pemberitahuan artikel-artikel terbaru super cepat, langsung dari surel Anda.
Lebih dari 320 telah berlangganan situsali.com, ayo segera daftarkan surel Anda sekarang juga!



Perhatian!

Demi kenyamanan bersama, sebelum berkomentar, harap gunakan bahasa yang baik dan benar. Juga baca aturan dalam berkomentar. Dilarang berkomentar yang dapat memicu pertengkaran dan menyinggung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan).

4 Replies to “Memasang FortiClient di Ubuntu 18.04 LTS”

    1. Jadi begini Pak, karna Ubuntu yg baru pake Gnome 3.28 nah itu ada masalah di Gnome yg katanya kebocoran memory gitu, yaudah ane pake KDE aja lah wkwkwkw

Leave a Reply