Memanfaatkan Apache Password Authentication .htpasswd untuk Keamaan Server


Pada saat kita mengatur suatu proyek yang bersifat daring (online), terkadang kita membutuhkan suatu proteksi untuk melindunginya dari public, seperti membatasi akses hanya pada pengguna tertentu yang boleh masuk. Atau untuk alasan lainnya seperti tidak inginnya di crawel oleh mesin pencarian, karena proyek tersebut masih dalam tahap pengembangan (under development).

Dalam tutorial kali ini, kita akan membahas mengenai .htpasswd yang mana berfungsi melindungi suatu situs dengan memanfaatkan semacam Password Authentication yang diletakan pada direktori tertentu, seperti direktori admin web, atau direktori yang dianggap penting untuk dibatasi siapa-siapa saja yang boleh masuk.

Pemasangan Apache

Seperti yang telah kita ketahui bahwa perbedaan distro GNU/Linux, selain beda manejer paket, berbeda pula nama paket yang diberikan, saya hanya memberikan cara pada 3 distro yakni 1) Debian/Ubuntu; 2) Centos/Fedora/RHEL; 3) Arch Linux; berserta derivatifnya dari ketiga distro tersebut.

Adapun penamaan paket disetiap distro itu berbeda yakni, di Ubuntu/Debian dan derivatifnya kita memasang paket Apache dengan nama apache2; di Fedora/Centos/RHEL dan derivatifnya bernama httpd; sedangkan di Arch Linux bernama sesuai namanya yakni apache.

Pengguna Debian/Ubuntu

Pengguna Centos/Fedora 21 ke bawah/RHEL

Fedora 21 ke atas

Pengguna Arch Linux

Pembuatan Berkas .htpasswod


Perlu diketahui bahwa /lokasi/yg/anda/inginkan/.htpasswd Anda bebas menaru di direktori manapun. Untuk opsi -c mengindetifikasikan bahwa untuk membuat berkas yang lebih spesifik, dalam contoh di atasa yakni ali.

Pengaturan Apache

Pengguna Debian/Ubuntu

Centos/Fedora/RHEL


Kemudian sunting berkas tersebut dan masukan seperti kode di bawah ini:


Kode di atas Khusus pengguna Apache versi 2.4 , jika Anda pengguna Apache versi di bawahnya (versi 2.2). Ganti pada kode require all granted menjadi seperti berikut:

Pembuatan .htaccess

Kemudian kita buat .htaccess

Pengguna Debian/Ubuntu

Pengguna Centos/Fedora/RHEL

Pengguna Arch Linux


Dan isikan skrip di bawah ini:


Cek terlebih dahulu pengaturan Apache Anda, sudah betul atau belum?


Jika sudah, langsung saja restart Apache-nya:


Hasilnya akan seperti berikut, contohnya pada situsali.com:

htpasswd

Ayo Berlangganan!

Dapatkan pemberitahuan artikel-artikel terbaru super cepat, langsung dari surel Anda.
Lebih dari 320 telah berlangganan situsali.com, ayo segera daftarkan surel Anda sekarang juga!



Perhatian!

Demi kenyamanan bersama, sebelum berkomentar, harap gunakan bahasa yang baik dan benar. Juga baca aturan dalam berkomentar. Dilarang berkomentar yang dapat memicu pertengkaran dan menyinggung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan).

One Reply to “Memanfaatkan Apache Password Authentication .htpasswd untuk Keamaan Server”

Leave a Reply