Mari Kita Populerkan Istilah Komputer berbahasa Indonesia

Komputer merupakan alat yang mana salah satu fungsinya adalah mempermudah pekerjaan keseharian kita. Komputer yang saya maksudkan di sini tak hanya sekadar PC (Personal Computer) Desktop atau biasa hanya disebut PC, tapi juga Laptop, Mini Laptop (Netbook), ataupun Laptop Hybrid dan Tablet PC. Bahankan smartphone juga bisa dikatakan sebagai komputer ditinjau dari sisi aplikasi pintarnya yang hampir menyerupai komputer.

Ayo Join! di Channel @situsali dapatkan artikel terbarunya via Telegram

Deskripsi

Teknologi kian hari semakin berkembang dengan pesat dan semakin maju, hingga komputer menjadi semakin populer. Saat ini komputer hampir menjadi sebuah kebutuhan sekunder. Terutama bagi Anda yang tinggal diperkotaan mungkin komputer ini sudah mutlak menjadi kebutuhan sekunder, yang mana menjadikan kita sendiri sulit untuk tidak menggunakannya.

Dengan adanya kemajuan komputer itu berefek pula kepada bahasa, dimana banyak istilah komputer yang masuk. Awalnya memang istilah tersebut diserap apa adanya sesuai bahasa sumber, namun untuk saat ini sudah banyak istilah komputer yang sudah diserap ke dalam bahasa Indonesia dari terjemahannya atau padanannya.

Sayangnya, istilah-istilah komputer tersebut saat ini masih kurang populer, banyak di antara kita hanya tahu dari bahasa sumbernya saja, mengapa? Karena sejak awal kita belajar komputer banyak menggunakan istilah Inggris yang mana sesuai dengan bahasa sumbernya. Contoh saja untuk kata email, lebih tahu mana Anda kata email dibanding surel? Kemudian kata online, lebih sering atau tahu mana kata online dibandingankan daring? Dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, di sini saya mencoba untuk mempopulerkan istilah-istilah komputer mulai dari tulisan di blog ini. Saya di sini banyak menulis artikel menggunakan istilah komputer dengan bahasa Indonesia, meskipun masih banyak pula artikel saya menggunakan istilah bahasa sumbernya, dikarenakan saya sendiri masih tahap migrasi untuk membiasakannya. Dengan membiasakannya kita akan semakin familiar dengan kata-kata tersebut.

Mengapa Perlu Dipopulerkan?

Sebagai warga negara Indonesia sudah seharusnya kita sendiri menggunakan bahasa kita dan mengentahui bahwa kata istilah tersebut sudah ada padanannya. Saya jadi teringat di kantor saya ada seorang peneliti di mana dia sudah 12 tahun tinggal di Prancis, ketika dia bekerja di sana, dia mengatakan bahwa untuk kata email, scan, dll mereka tidak menggunakan bahasa Inggris justru mereka lebih populer dengan bahasa padanan mereka sendiri yakni Prancis. Oleh karena itu, seharusnya kita juga bisa karena kita juga punya padanannya.

Bagaimana Cara Mempopulerkannya?

Ada berbagai macam cara mempopulerkan istilah komputer ini yakni:

  1. Cara yang paling mudah adalah kita membiasakan menuliskannya. Contoh biasakan tulis unduh dibading download dan seterusnya.
  2. Jika dalam tahap migrasi boleh tulis dengan bahasa sumbernya apit dengan tanda kurung. Contohnya ketika Anda menulis kata gadget Anda bisa menulisnya dengan “gawai (gadget)” dan seterusnya
  3. Berpartisipasi dalam proyek yang saya buat yakni sebuah proyek pangkalan data (database).

Cara yang ketiga ini yang saya tekankan dalam tulisan di artikel ini. Anda bisa berpartisipasi dengan cara memperbaruhi pangkalan data tersebut di github saya yakni https://github.com/aliterm/kamus_istilah yang bisa Anda klon dengan cara:

Pangkalan data (database) bersifat sumber terbuka (open source) saya tulis dengan format .cvs agar Anda dapat membacanya dengan aplikasi text editor apapun. Jika Anda seorang developer, Anda dapat mengembangkan menjadi database sesuai dengan aplikasi yang Anda ciptakan tersebut.

Semoga bermanfaat dan mari! Kita polulerkan istilah asing komputer dengan bahasa kita sendiri yakni Bahasa Indonesia.

7 thoughts on “Mari Kita Populerkan Istilah Komputer berbahasa Indonesia”

  1. Saya sepakat. Saya mencoba memulai hal itu sedari awal kenal GNU/Linux. Untuk saat ini, saya mulai sering menyebut istilah ‘peranggitan’ di IRC. Mohon tulisan yang seperti ini diperbanyak, karena penting.

    1. Benar kang, saya mencoba menuliskan beberapa istilah dalam github yang mana nanti akan sangat berguna bagi semua orang, terutama bagi programmer, dan format berkas dalam GitHub saya tulis menggunakan CSV, yang mana format ini hanya teks biasa yang dapat dibuka dengan aplikasi pengelola teks apapun. Insya Allah artikel seperti ini akan saya perbanyak.

  2. artikel anda sangat memberikan informasi yang penting
    saya sangat terkesan dengan artikel yang anda tulis
    saya menunggu atikel anda selanjutnya

  3. Yang benar mana pangkalan data atau basisdata untuk istilah database?? Jaman kuliah saya dulu dosen/buku2 terjemahan menyebutnya basisdata kalau pangkalan data saya baru tahu dari blog anda😊.

Leave a Reply