Linux Dan Distro Linux

Seperti sudah banyak tentang artikel yang membahas masalah Linux ataupun Distro Linux, tapi apa salahnya saya menjelaskan kembali tentang hal itu hitung-hitung untuk menambah referensi lumayankan bisa jadi bahan referensi tugas sekolah atau kuliah

Sebelum memasuki apa yang dimaksud Distro Linux ada baiknya kita melangkah mengetahui dahulu apa itu Linux-nya, karena kalau dari awal saja kita sudah tidak tau apa itu Linux maka akan sulit memahai apa itu Distro Linux.

Pengertian Linux

Linux adalah Unix clone sistem operasi yang berevolusi dari sebuah kernel yang ditulis oleh Linus Torvalds ketika beliau masih menjadi mahasiswa di Universitas Helsinki, dan dikembangkan dengan bantuan programer dan hackers dari seluruh dunia.Sistem operasi Unix dikembangkan dan diimplementasikan pada tahun 1960-an dan pertama kali dirilis pada 1970. Faktor ketersediaannya dan kompatibilitasnya yang tinggi menyebabkannya dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi secara luas oleh institusi-institusi akademis dan pada pebisnis.
Linux merupakan sistem operasi yang disebarkan secara luas dengan gratis di bawah lisensi GNU General Public License (GPL), yang berarti juga source code Linux tersedia. Itulah yang membuat Linux sangat spesial.

Sampai saat ini, Linux masih dikembangkan oleh kelompok-kelompok tanpa dibayar bisa juga mengandalkan sistem donasi, yang banyak dijumpai di Internet, tukar-menukar kode, melaporkan bug, dan membenahi segala masalah yang ada. Setiap orang yang tertarik dipersilahkan untuk bergabung dalam pengembangan Linux.

Kelebihan Linux
Meskipun Linux bersifat Open Source dan juga Free, tidak berarti Linux itu jelek dan alakadarnya, justru Linux itu keren, dari sekian banyak kelebihan Linux ada salah satu yang menonjol yakni Linux itu 90% tidak ada virus dan aman.
Saya katakan 90% mengapa? karena meskipun kebanyakan virus hanya untuk pengguna Windows, bukan berarti Linux tidak ada virusnya. Di Linux virus ada tapi hanya sedikit karena Linux bersifat open source dan selalu terjaga dari kode-kode jahat yang selalu dicek oleh komunitasnya, maka dari itu Linux 90% aman dari Virus.

Lalu perlukah Antivirus untuk Linux?, untuk menjawab ini antivirus di Linux itu hanyalah sebuah opsional mengapa? kita kembalikan lagi kepenggunanya, jika Anda menggunakan Linux untuk rumahan atau sekedar hobi sepertinya Antivirus di Linux tidak diperlukan, saya sendiri aja tidak menggunakan antivirus di Linux saya. Beda halnya jika Anda menggunakan Linux untuk keperluan Bisnis atau untuk korporasi, Antivirus sangat diperlukan untuk security, karena biar bagaimanapun tak ada keamanan yang 100% aman.Kemudian Linux itu keren bisa menjalankan aplikasi Windows dengan bantuan Wine. Windows memang banyak penggunanya dikarenakan kemudahan sekaligus aplikasi dan game yang kerennya banyak. Seperti halnya dalam program pengola foto yakni Photoshop, Photoshop itu hanya dibuat untuk pengguna Windows dan Mac. Meskipun di Linux ada aplikasi yang sama dengan Photoshop yaitu GIMP tetapi Anda masih terbiasa menggunakan Photoshop, Anda tidak perlu khawatir karena di Linux masih bisa menjalankan Photoshop dengan bantuan Wine.

Daftar isi

Distro Linux

Distro Linux (singkatan dari distribusi Linux) adalah sebutan untuk sistem operasi komputer dalam hal ini Linux yang disertai paket-paket aplikasinya, dan biasanya berupa aplikasi pengolah kata (Gedit,kWrite,dll, aplikasi perkantoran (LibreOffice,Calculator,dll) yang disesuaikan dengan tujuan distribusinya apakah distro tersebut lebih mengarah ke Desktop,Office,Server, atau keperluan Hacking.Distro Linux itu banyak sekali dari mulai distro individual (dibuat dan dikembangkan oleh satu orang biasanya merupakan distro yang di-remaster dari distro lain, sehingga menghasilkan distro yang disesuaikan oleh si pengembangnya) sampai ke distro komunitas. Anda bisa cek sendiri di http://distrowatch.com/

Di antara distro-distro itu ada yang memiliki komunitas yang besar seperti Ubuntu, Redhat ,Fedora, Mageia, Mint, OpenSuse, Debian, dll (bisa Anda cek di http://distrowatch.com/ ), dikarenakan banyaknya distro yang ada di Linux, bagi Anda yang baru pertama kali mencoba Linux di sarankan menggunakan Distro Linux yang memiliki komunitas yang banyak seperti yang saya sebutkan sebelumnya.