Konsep Dasar MVC (Model-View-Controller) dari PHP

Sebelum jauh mengenal cara menggunakan framework di PHP, terlebih dahulu kita memahami konsep MVC. Apa itu MVC? MVC kependekan dari Model, View, Controller. Dalam artikel kali ini akan saya jelaskan secara terperinci mengenai konsep MVC yang merupakan dasar untuk memahami framework di PHP.

Model View Controller merupakan suatu konsep yang cukup populer dalam pembangunan aplikasi web, berawal pada bahasa pemrograman Small Talk (Wikipedia), MVC memisahkan pengembangan aplikasi berdasarkan komponen utama yang membangun sebuah aplikasi seperti manipulasi data, user interface, dan bagian yang menjadi kontrol aplikasi. Terdapat 3 jenis komponen yang membangun suatu MVC pattern dalam suatu aplikasi yaitu :
  • View, merupakan bagian yang menangani presentation logic. Pada suatu aplikasi web bagian ini biasanya berupa file template HTML, yang diatur oleh controller. View berfungsi untuk menerima dan merepresentasikan data kepada user. Bagian ini tidak memiliki akses langsung terhadap bagian model.
  • Model, biasanya berhubungan langsung dengan database untuk memanipulasi data (insert, update, delete, search), menangani validasi dari bagian controller, namun tidak dapat berhubungan langsung dengan bagian view.
  • Controller, merupakan bagian yang mengatur hubungan antara bagian model dan bagian view, controller berfungsi untuk menerima request dan data dari user kemudian menentukan apa yang akan diproses oleh aplikasi.
Singkat kata Model untuk mengatur alur database, View untuk menampilkan web, sedangkan Controller untuk mengatur alur kerja antara Model dan View. Jadi misalnya Anda ingin membuat akun facebook atau e-mail. Pertama Anda akan melihat tampilan sign-up / register itulah View, kemudian Anda menuliskan form pengisian seperti username, password, dll dan Anda klik sign-up / register maka di sini View memanggil Controller dan Controller memanggil Model, sedangkan Model mengecek apakah Anda sudah sesuai dengan kriteria pendaftaran seperti sudah mengisi username, password dan lain sebagainya. Kemudian Model menggembalikan (callback) ke Controller dan Controller mengembalikan ke View, dan kita akan melihat berhasil atau tidak kita sign-up/register. Lebih jelas berikut:
mvc_konsep
(Kalau kurang jelas klik aja gambarnya)
Semoga bermanfaat.

Komentar disediakan untuk berdiskusi, bertukar pikiran, memberi saran, mengingatkan kesalahan dan pembelajaran. Harap gunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA.
Sebelum berkomentar harap baca dulu Aturan dan Tata Cara Berkomentar demi kenyamanan kita bersama, terima kasih.

17 Responses

  1. Tifkom.net March 9, 2016 / 1:38 pm

    Yah, MVC memang banyak dipakai saat ini dalam membangun sistem berskala besar.

  2. Yusuf Desktop March 20, 2016 / 1:36 am

    Hm, iya paham paham. Kebetulan saya baru belajar CodeIgniter, masih agak binggung dengan penggunaan model dan controller. Sekarang sudah lumayan paham, Thanks om.

  3. Aceros Hexagon April 12, 2016 / 12:00 pm

    Thankyou infonya

  4. kak dolop May 31, 2016 / 2:57 pm

    konsep mvc ini memang sangat berguna sekali jika kita sudah membuat sebuah proyek dalam skala yang besar.

  5. Andi s prabowo June 16, 2016 / 6:10 pm

    Oow begitu to, baru maksud tu prosedur kerja mvc, thank’s infonya,,,. ?

  6. puji June 18, 2016 / 3:09 am

    makasih, sangat membantu

  7. badell kapalomen July 12, 2016 / 7:58 am

    bagus sekali ..
    btw saya juga postingan serupa silahkan visit, mana tau bisa tambah pengetahuan. wkwkw

  8. alfiatul laili July 31, 2016 / 7:41 am

    penjelasan yang singkat dan mudah dipahami, terimakasih pencerahannya ……….
    Salam

    • Ali July 31, 2016 / 12:26 pm

      sama sama terima kasih telah berkunjung

  9. Nauval Shidqi August 4, 2016 / 9:19 am
    • Ali August 4, 2016 / 5:36 pm

      Pakai fasilitas print to PDF saja mas.

  10. ahamd rifai September 29, 2016 / 5:39 am

    the best tutorial 🙂

  11. Ning Ayu January 6, 2017 / 8:13 am

    Makasih ya infonya , paham banget !

  12. Latifur Rofik February 10, 2017 / 8:00 am

    kalo conreoller manggil controller bisa apa nggak om?

    • Ali February 10, 2017 / 12:21 pm

      Bisa

Leave a Reply