Kamus Mutarjim

kamusmutarjim

Alamat Situs

http://mutarjim.web.id

Latar Belakang

Bahasa Arab merupakan bahasa al-Qur’an, bahasa komunikasi dan informasi umat Islam. Di samping itu, Bahasa Arab juga merupakan kunci untuk mempelajari ilmu-ilmu lain. Dikatakan demikian, karena buku-buku berbagai macam ilmu pengetahuan pada zaman dahulu banyak ditulis dengan menggunakan bahasa Arab. Jadi, jika ingin menguasai ilmu dalam buku-buku tersebut, terlebih dahulu harus belajar bahasa Arab.

Dalam pelaksanaannya pelajaran bahasa Arab sekarang ini tidak hanya diajarkan di pondok-pondok pesantren saja, tetapi sudah dikembangkan dalam lembaga pendidikan formal bahkan dicantumkan dalam mata pelajaran tersendiri di sekolah-sekolah khususnya yang berada di bawah naungan yayasan Islamia seperti MI (Madrasah Ibtidaiyah) untuk tingkat dasar yang setara dengan SD, MTs (Madrasah Tsanawiyah) yang setara dengan SMP, MA (Madrasah Aliyah) yang setara dengan SMA dan untuk Perguruan Tinggi contohnya adalah UIN.

Meskipun bahasa Arab sudah masuk dalam mata pelajaran tersendiri di sekolah-sekolah, tidak semudah membalikkan telapak tangan, siswa atau mahasiswa dapat menyerap, memahami, serta menguasai materi bahasa Arab yang telah diajarkan. Banyak siswa atau mahasiswa yang merasa kesulitan dalam menyerap dan memahami terutama dalam hal kosa kata.

Untuk mengantisipasi kendala dalam tersebut maka saya berusaha untuk mencari solusi dengan merancang sebuah “Rancangan Dan Penggunaan Perangkat Lunak (Software) Kamus Arab-Indonesia berbasis Android“.

Umumnya perangkat lunak kamus berbasis Android hanya ada kamus bahasa Arab-Inggris, sangat sedikit untuk Arab-Indonesia bahkan untuk saat ini hanya satu kamus Arab-Indonesia yang saya temukan di playstore yakni Kamus Arab-Indonesia buatan Ristek Muslim yang memuat entri kata sebanyak kurang lebih 15000 kata dan itupun masih banyak memiliki kekurangan, salah satu kekurangannya adalah entri kamus masih banyak tidak dimuat, bahkan kata kerja yang umum saja seperti kata ‘tidur’ tidak terdapat dalam kamus tersebut.

Untuk itu, saya tertarik untuk merancang versi saya dengan beberapa perubahan di antaranya, perubahan cara kerja di mana kamus dapat menampilkan kata-kata yang sudah menjadi kata turuanan, sehingga pengguna awam dapat menggunakannya tanpa harus mengetahui akar katanya.

Harapan saya adanya kamus yang penulis rancang ini, dapat mempermudah dalam menerjemahkan kata dari bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia atau sebaliknya, juga dapat menambah perbendaharaan kosakata.

Download Kamus Mutarjim

https://play.google.com/store/apps/details?id=x.aliws.mutarjim&hl=en