Composer Manager Dependensi Untuk PHP

Composer adalah sebuah aplikasi untuk mengatur keperluan dependensi di PHP, dengan ini mempermudah kita menambahkan atau menguduh atau mengimpor library PHP ke project yang kita buat. Jika Anda terbiasa dengan Linux, istilah dependency sudahlah hal yang lumrah, karena cara kerja Composer mirip seperti apt-get (Ubuntu), yum (Fedora), pacman (Archlinux), dan lain-lain.

Lalu bagaimana jika Anda bukan pengguna Linux? Atau belum pernah sama sekali mendengar tentang istilah dependensi (dependency)? Mudahnya begini, bagi Anda pengguna Windows pernah melihat file berextension .dll bukan? Ya, seperti itulah dependensi, yakni sebuah file pustaka (library) yang dibutuhkan oleh aplikasi guna untuk mendapatkan suatu fungsi tertentu.

Cara Instal Composer

Untuk Windows

Pertama-tama Anda unduh Composernya:

https://getcomposer.org/Composer-Setup.exe

Setelah itu instal. Ada sebuah pilihan di mana Anda bisa mengizinkan Composer berjalan ketika diklik kanan di salah satu folder, dengan pilihan “Install Shell Menus”. Defaultnya tidak diceklis, dan pada tutorial ini saya juga mengikuti default daripada instalasi Composer tersebut, karena menurut saya lebih mudah melalui CMD. 😆

composer-win-1

Kemudian lanjut, dan cari dimana aplikasi php.exe Anda diinstal, di sini (di Windows) saya menggunakan XAMPP dimana php.exe dan berada di d:\xampp\php (baca: XAMPP Langkah Awal Belajar Pemrograman Web)

composer-win-2

Kemudian klik next lagi untuk melanjut, dan Composer Setup memulai mengunduh (pastikan Anda dalam keadaan terkoneksi internet) composer.phar untuk dijadikan sebuah aplikasi yang dapat dieksekusi langsung dari CMD.

composer-win-3

composer-win-4

Jika sudah selesai klik next lagi untuk ke tahap finishing.

composer-win-5

Untuk memastikan Composer sudah dapat berjalan dengan sempurna, Anda masuk ke CMD dan ketik composer jika seperti gambar berikut artinya Anda telah sukses menginstal Composer pada komputer Anda.

Clipboard10Untuk Linux

Untuk pengguna Linux justru menginstal Composer jauh lebih mudah dibandingan dengan Windows. Pastikan di distro Linux yang Anda gunakan sudah terinstal cURL.

Bagi pengguna Archlinux/Manjaro atau turunannya bisa melakukan:

sudo pacman -S curl

Bagi pengguna Ubuntu 14.04 bisa melakukan

sudo apt-get install curl libcurl3 libcurl3-dev php5-curl

Jika cURL sudah diterinstal di distro Linux Anda, langkah selanjutnya menginstal Composer dengan cara:

curl -sS https://getcomposer.org/installer | php

Berhasilnya Anda ditandai dengan adanya file composer.phar seperti gambar berikut:

composer-linux-1

Jika Anda kesulitan dengan cURL ada alternatif lain menginstal Composer yakni:

php -r “readfile(‘https://getcomposer.org/installer’);” | php

Masih kesulitan juga, Anda bisa lakukan mengunduh manual file Composer.phar tersebut di:

https://getcomposer.org/composer.phar

Begitulah cara instal Composer, artikel selanjutnya yakni cara pemanfaat Composer tersebut yang digunakan untuk penggunaan PHP Framework seperti Laravel, Yii2 dan lain-lain.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply