Cek Kapasitas Penyimpanan Di GNU/Linux

Teman saya pernah bertanya bahwa VPS yang dia kelola ketika ingin diperbarui gagal dan terjadi galat. Ketika saya lihat, informasi galat yang tertera ternyata dia kehabisan ruang penyimpanan.

Kronologi

Kemudian saya coba periksa dengan perintah:

$ df -h /

Kalau dari tebakan saya ini pasti ada hubungannya dengan log yang menyebabkan kapasitas media penyimpanannya menjadi penuh.

Solusi

Daripada tebak-tebak buah manggis, lebih baik saya pastikan dengan mengecek seluruh direktori menggunakan perintah berikut:

$ sudo su 
$ du --max-depth=1 --human-readable / | sort --human-numeric-sort

Ternyata tebakan saya salah, justru yang penuh direktori home hahaha 🤣 setelah ditanya, sebelumnya dia sering coba-coba aplikasi dan mengunduh beberapa video yang menyebabkan ruang penyimpanannya menjadi penuh.

Dari kejadian tersebut, saya mencoba memerikasa lebih dalam pada direktori home dengan perintah berikut:

$ du -d1 -h ~ | sort -h

Nah ketahuan deh direktori mana yang bikin penuh.

Kesimpulan

Peristiwa di atas bisa kita simpulkan bahwa, jika ruang penyimpanan penuh, kita dapat melakukan pengecekan seluruh direktori di root dengan perintah:

$ sudo su 
$ du --max-depth=1 --human-readable / | sort --human-numeric-sort

Atau salah satu direktori yang kalian curigai:

$ du -d1 -h /direktori/kalian/ | sort -h

Semoga bermanfaat.

Published by

Ali

Perkenalkan nama saya Ali, seorang blogger sekaligus programmer meskipun amatiran. Pengguna dan antusias terhadap GNU/Linux terutama distro Arch Linux, sehari-hari bekerja dengan GNU/Linux, Windows (hanya di kantor), pecinta FLOSS (Free/Libre Open Source Software) dan penikmat kopi.