Cara Mudah Install WordPress di GNU/Linux

Sebenarnya tutorial mengenai cara instal wordpress di GNU/Linux sudah banyak beredar di internet jika Anda cari dengan mesin pencarian seperti Google. Namun, tidak ada salahnya saya menuliskan kembali tutorial yang telah ada guna untuk lebih mempermudah kembali terutama ketika Anda berhadapan dengan server yang sesungguhnya. Juga sebagai referensi yang nantinya akan bisa digunakan kembali jika ada artikel saya lainnya yang berhubungan dengan hal ini.

Jika Anda melihat kembali artikel lama saya di sini, sebenarnya saya sudah pernah menulis mengenai cara instalasi WP ini di GNU/Linux, Anda bisa baca pada artikel saya di (https://situsali.com/instalasi-wordpress-di-linux/). Artikel ini merupakan artikel lanjutan pada dasarnya, sekaligus merevisi tulisan lama saya, yang dirasa tulisan itu tak dapat dipakai jika Anda menghadapi server sesungguhnya baik itu shared hosting, VPS, ataupun dedicated, mengapa? Jika Anda tengok artikel lama saya, di situ tertulis Anda diharuskan merubah permission-nya menjadi 777 sudo chmod -R 777 /opt/lampp/htdocs/wp jika Anda hanya sebatas pada localhost saja itu tidak menjadi masalah, namun jika Anda ingin mempublikasikannya di Server itu malah akan menjadi bencana. Mengapa? Dikarenakan permission 777 itu dapat diartikan bahwa siapa saja bisa mengeksusi, membaca dan menulis pada Server Anda, ini akan sangat bahaya. Belum lagi ditambah dengan paramenter -R yang berarti bahwa semua berkas dan direktori diset menjadi 777 pula. Karena sebab itulah saya menuliskan kembali di sini guna sebagai revisi tulisan lama.

Perlu diketahui bahwa artikel ini saya tulis di laptop dengan distro Archlinux, dan VPS saya dengan Ubuntu. Akan tetapi semua screenshot dalam tulisan ini bersumber dari laptop saya dengan Archlinux. Jadi jika Anda menggunakan distro selain Archlinux dan Ubuntu sekaligus distro derivatifnya (turunannya), maka perlu sedikit penyusuain hanya pada tahap chown saja, selebihnya yang lain sama.

Tahap Persiapan

  1. Pastikan Anda menggunakan  Apache dan Mariadb/Mysql atau XAMPP bisa baca:
    https://situsali.com/xampp-langkah-awal-belajar-pemrograman-web/
    https://situsali.com/instal-apache-mysql-php-dan-phpmyadmin-di-archlinux/
    https://situsali.com/install-lamp-dan-phpmyadmin-di-ubuntu-14-04/
  2. Artikel ini hanya diperuntukan pengguna GNU/Linux pada distro Archlinux dan Debian/Ubuntu beserta turuannnya.
  3. Terminal atau Konsole.

Tahap Unduh dan Instalasi WP

  1. Unduh WordPress-nya di (https://wordpress.org/latest.tar.gz). Gunakanlah wget agar Anda terbiasa dengan CLI pada saat Anda berususan dengan VPS atau Dedicated Server. Caranya:
  2. Setelah Anda mengunduh WP tersebut langkah selanjutnya ekstrak. Gunakan tar dari Terminal, lagi-lagi agar Anda terbiasa dengan CLI. Caranya:

    win-lin-ss1
    Perhatian! /srv/http untuk Archlinux dan turunannya, jika Anda menggunakan Debian/Ubuntu dan turunannya Anda ekstrak WP di /var/www.
  3. Ubah kepemilikan dengan chown.
    Untuk pengguna Archlinux dan turunannya:

    Untuk pengguna Debin/Ubuntu dan turunannya:
  4. Kemudian ubah permissionnya dimana untuk semua berkas menjadi 644 dan direktori menjadi 755.

    Perhatian! /srv/http untuk Archlinux dan turunannya, jika Anda menggunakan Debian/Ubuntu dan turunannya ganti menjadi /var/www.
  5. Kemudian buat databasenya. Saya sarankan gunakan dari terminal juga, agar Anda terbiasa saat menghadapi CLI.
    Pertama login Mariadb atau Mysql dengan cara:

    Kedua buat database misalnya dengan nama wordpress.

    Kemudian buat username dan password pada database tersebut, Anda boleh menggunakan root boleh juga membuat seperti berikut:

    Kemudian jangan lupa pastikan user dapat mengakses DB tersebut, beri akses seperti berikut:
  6. Saya mencontohkan tutorial di atas distro Arch Linux, jika Anda pengguna Ubuntu disarankan mengikuti cara berikut:
    https://www.hostinger.co.id/tutorial/cara-install-wordpress#Cara-Install-WordPress-di-VPS-Ubuntu-1604
  7. Langkah selanjutnya instal WP nya. Pada bagian ini tidak saya tulis di sini, karena bisa Anda baca tulisan lama saya mengenai instalasinya di (https://situsali.com/instalasi-wordpress-di-linux/).

Ayo Berlangganan!

Dapatkan pemberitahuan artikel-artikel terbaru super cepat, langsung dari surel Anda.
Lebih dari 320 telah berlangganan situsali.com, ayo segera daftarkan surel Anda sekarang juga!


2 thoughts on “Cara Mudah Install WordPress di GNU/Linux”

  1. Lama tak berkunjung, situs ini sudah https. Saya pun senang dengan penyebutan GNU/Linux di artikel ini. Kang Ali sudah berusaha membangun bahasa dengan ejaan yang baik (kata unduh, pemiringan database, dsb.). Teruskan karyamu, Kang.

Leave a Reply