Cara Mudah Install Composer di Archlinux

Seperti ulasan sebelumnya Composer adalah sebuah aplikasi untuk mengatur keperluan dependensi di PHP, dengan ini mempermudah kita menambahkan atau menguduh atau mengimpor library PHP ke project yang kita buat. Jika Anda terbiasa dengan Linux, istilah dependency sudahlah hal yang lumrah, karena cara kerja Composer mirip seperti apt-get (Ubuntu), yum (Fedora), pacman (Archlinux), dan lain-lain.

Pada artikel sebelumnya saya telah mengulas tentang bagaimana cara menginstal Composer di Windows ataupun Linux (https://situsali.com/composer-manager-dependensi-untuk-php/). Pada artikel ini sesuai dengan judulnya yakni lebih dikhususkan untuk pengguna Archlinux.

Install Composer

Pada dasarnya Composer bisa Anda instal dengan cara mengunduh composer.phar nya seperti artikel sebelumnya, namun di Archlinux paket Composer sudah disertakan dalam offical repository nya oleh karena itu Anda dapat langsung menginstal Composer dengan cara sebagai berikut:

sudo pacman -S php-composer

Kelebihanya Anda tidak perlu khawatir lagi untuk masalah update Composer, dikarenakan Arch merupakan distro Rolling Release sekaligus Bleeding Edge, Anda bisa mengupdate Composer yang berbarengan dengan aplikasi lain (pacman -Syyu).

Jika Anda sudah selesai menginstal Composer langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasinya, agar Composer tersebut dapat digunakan dengan sebagaimana mestinya.

Konfigurasi Composer

Secara umum disetiap distro Linux, konfigurasi Composer terletak dalam satu file di konfigurasi php.ini yang bisa Anda temui di /etc/php/php.ini akan tetapi di Archlinux, pengaturan atau konfigurasi Composer terletak dalam satu file tersendiri yakni di:

/usr/share/php-composer/php.ini

arch-composer-php

Dikarenakan perbedaan letak file konfigurasi, menyebabkan perbedaan module atau extension yang aktif di /etc/php/php.ini tidak sama dengan yang aktif di /usr/share/php-composer/php.ini. Dengan kata lain jika Anda sudah mengaktifkan extension phar, zip, mcrypt, dan lain sebagainya di pengaturan Apache, tentu akan tidak sama dengan pengaturan di Composernya. Singkat kata Anda harus menyamai dua file konfigurasi tersebut. Lihat screenshot berikut:

arch-composer-php2

Pada screenshot di atas terlihat terdapat banyak extension yang saya aktifkan di Apache. Kemudian:

arch-composer-php3

Kemudian pada file konfigurasi Composer berbeda dengan Apache. Oleh karena itu saya menyarankan agar menyamai kedua file tersebut, seperti screenshot di bawah ini.

arch-composer-php4

Oke sekarang sudah beres, Anda dapat menggunakan Composer di Archlinux dengan sebagaimana mestinya.

Ayo Berlangganan!

Dapatkan pemberitahuan artikel-artikel terbaru super cepat, langsung dari surel Anda.
Lebih dari 320 telah berlangganan situsali.com, ayo segera daftarkan surel Anda sekarang juga!


Leave a Reply