Cara Menyalin Berkas di VPS tanpa Root di Centos, Fedora, RHEL

Melanjuti artikel lama saya dengan judul yang sama yakni Cara Menyalin Berkas di VPS tanpa Root hanya saja pada tulisan tersebut, cuma dapat digunakan pada server distro Debian dan Ubuntu saja, lain hal pada Centos, Fedora dan RHEL. Pada distro tersebut cenderung lebih sulit, saya katakan demikian karena tidak semudah seperti yang saya lakukan di VPS pada distro Debian dan Ubuntu. Tinggal memasang openssh-askpass dan selesai semua langsung dapat dieksekusi.

Tulisan kali ini adalah membahas mengenai cara yang saya lakukan ketika menangani VPS berdistro Centos. Dan sudah barang tentu untuk distro lainnya yang serupa seperti Fedora dan RHEL dapat melakukan tutorial pada tulisan ini.

Tahap Pemasangan

Langsung saja kita praktek. Pertama-tama, kita pasang openssh-askpass, caranya:

Kemudian lanjut, kebutuhan akan dependensi lainnya yakni:

Dependensi di atas wajib dipasang pada VPS/Server Anda, mengapa? Jika tidak openssh-askpass tidak akan dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya. Kemudian font dejavu-lgc-sans, jika tidak dipasang kita password dialog muncul akan menampilkan tulisan kotak-kotak saja yang tidak terbaca.

Tahap Penggunaan

Setelah selesai kita memasang openssh-askpass beserta dependensi kebutuhannya, lanjut sekarang kita mulai praktik. Yakni masukan perintah berikut:

Perintah di atas adalah perintah untuk mengunduh semua berkas yang berada pada server di direktori /home/ali/public_html. Beberapa keterangan berikut sebagai pengetahuan saja:

Jika berhasil maka akan tampil seperti gambar di bawah ini:
situsali-ssh-askpass

Semoga bermanfaat ?

Ayo Berlangganan!

Dapatkan pemberitahuan artikel-artikel terbaru super cepat, langsung dari surel Anda.
Lebih dari 320 telah berlangganan situsali.com, ayo segera daftarkan surel Anda sekarang juga!


3 thoughts on “Cara Menyalin Berkas di VPS tanpa Root di Centos, Fedora, RHEL”

  1. Saya masih belum paham antara isi artikel dengan judul ‘Cara Menyalin Berkas di VPS tanpa Root di Centos, Fedora, RHEL’

    Hubungannya ‘openssh-askpass’ dengan root apa ya?

    Untuk direktori ‘ali@127.0.0.1:/home/ali/public_html/’ kenapa tidak memakai scp atau rsync saja?

    Atau mungkin saya belum menangkap maksud dari artikel ini. Sekiranya bisa dijelaskan lebih detail mungkin bisa lebih dimengerti.

    Terimakasih

    1. Itu pake rsync, Cuma rsync nya pake akses sudo. Nah openssh-askpass ini buat memanggil secara grafis, password user tersebut saat sudo.

      scp cuma mampu menyalin user yg boleh diakes saja, contoh. Anda punya berkas berada di /home/userlain/berkas, sedangkan Anda menggunakan scp akun Anda, katakanlah bernama wahyu.

      scp wahyu@10.10.10.1:/home/userlain/berkas

      Tentu Anda tidak akan bisa menyalin berkas tersebut, terkecuali Anda gunakan root, kebetulan akses root tidak dizinkan, Anda hanya boleh menggunakan sudo dari akun Anda, nah inilah fungsi dari artikel yg saya tulis.

      Semoga maksud saya tersampaikan. 🙂

Leave a Reply