Cara Menonaktifkan WP-JSON

WordPress merupakan salah satu CMS sejuta umat yang banyak dipakai dalam pembuatan berbagai macam jenis situs. Mulai dari situs blogcompany profile, forum, hingga toko daring (online). Karena kepopulerannya, WordPress hingga sampai saat ini masih terus dikembangkan. Hal ini bagus, karena dengan demikian otomatis bugs yang ada, terbenahi; sekuriti meningkat; juga yang pastinya dengan penambahan versi ada fitur baru yang ditambahkan.

Sejak versi 4.4 WordPress memperkenal fitur JSON Rest API. Dengan demikian, kita dapat memanfaatkan Rest API tersebut cukup dengan memanggilnya dengan tambahan URL /wp-json contoh situsali.com/wp-json. Bagi seorang developer, adanya fitur tersebut adalah suatu hal yang luar biasa. Namun, bagi kita yang hanya pengguna biasa, fitur tersebut malah menjadi kurang berguna, dan tentu saja lebih baik dinonaktifkan.

Untuk menonaktifkan wp-json ada dua metode yang saya berikan ditulisan kali ini. Metode yang pertama kita menggunakan plugin; kemudian metode yang kedua kita menggunakan pengaturan dari web server.

Menggunakan Plugin

Cara ini merupakan cara yang saya rekomendasikan, mengapa? Karena ini merupakan cara termudah dan dapat diterapkan langsung pada situs WordPress kita. Langsung saja Anda masuk ke dashboard wp-admin, pilih plugins -> add new dan tulis Disable REST API. Atau bisa langsung menuju ke tautan di bawah ini:

Disable REST API

Menggunakan Pengaturan Web Server

Cara ini merupakan cara yang terbaik menurut saya. Kita langsung blokir dari web server sehingga kita tidak perlu lagi memasang plugin.

Untuk Pengguna Nginx

Bagi Anda pengguna Nginx tambahkan skrip di bawah ini:

Untuk Pengguna Apache

Untuk pengguna Apache tinggal tambahkan skrip di bawah ini:

Tahap Pengetesan

Untuk mengetesnya langsung saja Anda buka situs WP Anda dengan akhiran /wp-json. Misalnya:

https://situsali.com/wp-json

Selesai, mudah kan? Semoga bermanfaat.

Ayo Berlangganan!

Dapatkan pemberitahuan artikel-artikel terbaru super cepat, langsung dari surel Anda.
Lebih dari 320 telah berlangganan situsali.com, ayo segera daftarkan surel Anda sekarang juga!


2 thoughts on “Cara Menonaktifkan WP-JSON”

Leave a Reply