Cara Mengetahui User dan Group dari Running Process

Saya pernah menulis tentang larangan agar tidak menggunakan permission 777 ditunjukan khusus kepada web developer. Singkatnya selalu gunakan permission 0755 untuk direktori dan 0644 untuk berkas.

Ketika menjalankan nginx atau apache, mungkin bagi Anda yang baru dalam GNU/Linux, bingung mengapa tidak bisa menulis (unwritable) karena user dan group yang digunakan nginx atau apache tersebut tidak sesuai.

Nah, tulisan kali ini saya mencoba memberikan sedikit tips tentang bagaimana mengetahui user dan group dari suatu proses yang sedang berjalan, agar nantinya kita bisa menganti kepemilikan (chown) suatu berkas atau direktori disesuaikan dengan aplikasi tersebut.

Secara sederhana perintah untuk menampilkan seluruh process list adalah dengan cara berikut:

Hasilnya lihat gambar di bawah ini:

Terlihat jelas bukan user dan group dari suatu proses? Nah, untuk mengetahui salah satu proses kita bisa menggunakan fasilitas grep yakni:

Untuk nama_proses di sini artinya Anda harus mengetahui nama suatu proses tersebut. Contohnya, saya ingin mengetahui user dan group dari audacious pada saat ia dijalankan.

Jika nama proses tidak diketahui gunakan less untuk mencarinya:

Selain itu, kita juga dapat mengetahui beberapa proses pilihan dengan menambahkan perintah -E yakni Regex pada grep.Contohnya saya ingin mengetahui dari proses audacious dan nginx:

Kita juga dapat menampilkan menampilkan seluruh proses apa saja yang dijalankan oleh user yang saat ini sedang login (current user), dengan perintah:

Atau bisa mengambil output dari whoami juga menambahkan less :

Mudah bukan? Semoga bermanfaat.

Ayo Berlangganan!

Dapatkan pemberitahuan artikel-artikel terbaru super cepat, langsung dari surel Anda.
Lebih dari 320 telah berlangganan situsali.com, ayo segera daftarkan surel Anda sekarang juga!


Leave a Reply