Cara Memindahkan Multi Kategori Menjadi Satu di WordPress

Seperti yang sudah pernah saya sampaikan bahwa situsali telah melakukan pemangkasan kategori hingga menjadi dua kategori.

Tulisan kali ini, saya ingin membagikan tentang bagaimana cara saya memindahkan berbagai kategori dari postingan di WordPress, menjadi satu kategori.

Persyaratan

  • Pastikan kalian menggunakan WordPress.org bukan WordPress.com.
  • Pastikan kalian sudah mencandangkan pangkalan data WordPress kalian. Tujuannya adalah jika terjadi kesalahan kita bisa mengembalikan data semula.

Pemasangan

Untuk memindahkan semua kategori menjadi satu kategori. Kita perlu memasang plugin bernama Bulk Move. Kalian bisa dapatkan dengan cara masuk ke Plugin lalu pilih New dan ketik Bulk Move .

Atau kalian juga bisa langsung mengelik tautan di bawah ini:

https://wordpress.org/plugins/bulk-move/

Cara Menggunakan

Adapun cara menggunakannya cukup mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama, kalian buat dulu kategori yang nantinya kalian ingin pindahkan.
    Contohnya: Saya ingin memindahkan kategori GNU/Linux menjadi Tech. Yang saya lakukan adalah saya buat dulu kategori Tech nya.
  • Setelah membuat kategori baru, selanjutnya kita masuk ke Tools > Bulk Move dan pilih Bulk Move By Category. Nah, dari situ kita tinggal pilih saja kategori mana yang mau dipindahkan. Berikut tangkapan layar nya bisa kalian lihat di bawah:

Cukup mudah bukan? Itulah yang saya lakukan dalam pemindahan kategori. Selanjutnya kategori yang telah kita pindahkan tersebut bisa kita hapus. Dari contoh di atas kategori GNU/Linux bisa saya hapus karena sudah dipindahkan dikategori Tech.

Semoga bermanfaat 😀

Ayo Berlangganan!

Dapatkan pemberitahuan artikel-artikel terbaru super cepat, langsung dari surel Anda.
Lebih dari 320 telah berlangganan situsali.com, ayo segera daftarkan surel Anda sekarang juga!


Published by

Ali

Perkenalkan nama saya Ali, seorang blogger sekaligus programmer meskipun amatiran. Pengguna dan antusias terhadap GNU/Linux terutama distro Arch Linux, sehari-hari bekerja dengan GNU/Linux, Windows (hanya di kantor), pecinta FLOSS (Free/Libre Open Source Software) dan penikmat kopi.

Leave a Reply