Cara Cepat Migrasi Seluruh Isi Storage di GNU/Linux


Baru membeli HDD atau SSD baru? Sedang bingung cara memindahkan seluruh isi storage lama ke baru, dan tentu tak mau menginstal ulang sistem yang telah terpasang. Alasanya karena harus memasangan aplikasi yang diperlukan, konfigurasi, dan lain sebagainya yang tentu saja menyita banyak waktu. Padahal yang kita perlukan hanyalah memindahkan isi seluruh storage.

Jika Anda pengguna Windows mungkin banyak aplikasi migrasi dan dengan cara yang mudah. Bagi pengguna GNU/Linux jangan berkecil hati, karena di GNU/Linux caranya juga terbilang cukup mudah, yakni cukup menggunakan perkakas rsync, biasanya di distro mainstream rsync itu sudah tersedia secara asali.

Adapun perintahnya adalah sebagai berikut:

Untuk perintah -avxHAX dan --progress tidak saya jelaskan Anda bisa membacanya sendiri dengan mengetik perintah man rsync atau rysnc --help.

Untuk direktori /dev, /proc, /sys, /tmp, dan /run sengaja kita exclude, karena direktori tersebut akan terisi pada saat booting, meskipun direktori itu sendiri tidak dibuat. /mnt dan /media juga di-exclude dikhawatir nanti terjadi infinite-loop pada saat pencandangan.

Daftar isi

Sumber:

Ayo Berlangganan!

Dapatkan pemberitahuan artikel-artikel terbaru super cepat, langsung dari surel Anda.
Lebih dari 320 telah berlangganan situsali.com, ayo segera daftarkan surel Anda sekarang juga!



Perhatian!

Demi kenyamanan bersama, sebelum berkomentar, harap gunakan bahasa yang baik dan benar. Juga baca aturan dalam berkomentar. Dilarang berkomentar yang dapat memicu pertengkaran dan menyinggung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan).

Leave a Reply