Alhamdulillah Blog Kembali Normal

Di malam Minggu tanggal 19 Desember 2015 saya menghabiskan waktu mengurusi VPS situsali.com ini yang mengalami masalah, mencoba untuk menginstall ulang VPS ini. Biasa dikarenakan saya tergolong newbie dalam bidang Server, berbekal hanya memiliki pengatahuan sedikit tentang GNU/Linux.

Dikarenakan saya ingin menginstall ulang VPS otomatis VPS situsali.com dimatikan, kemudian blog lama saya di wordpress.com saya hidupkan kembali, dengan subdomain https://alisoftware.wordpress.com.

Ayo Join! di Channel @situsali dapatkan artikel terbarunya via Telegram

Cukup lama juga saya konfigurasi VPS ini. Terhitung sejak jam 10 malam hingga Jam 1 pagi dan istirahat. Kemudian saya lanjutkan kembali dari jam 1 siang tadi hingga sekarang jam 4 sore baru semua bisa kelar. Jika dihitung saya menghabiskan waktu sekitar 6 atau 7 jam untuk konfigurasi VPS sampai bisa berjalan normal menjalankan situsali.com ini.

Saya rasa lama karena pertama saya men-downgrade VPS di Digital Ocean yang semula menggunakan VPS RAM 1 GB dengan harga $10 menjadi RAM 512 MB dengan harga $5 perbulan. Saya lakukan demikian untuk mengurangi biaya pengeluaran jujur saja saya tidak mendapatkan pemasukan apapun dari situsali.com ini, iklanpun juga tidak saya pasang di sini. Saya pertahankan VPS ini dari sisa uang gaji saya dan beberapa pemasukan dari luar, alhamdulillah. Disamping itu, saya lakukan downgrade juga karena pengunjung situs ini tidak terlalu ramai, hit perhari hanya sekitar 300 – 500an orang. Masih sangat cukup dihandle dengan VPS berkapasitas RAM 512 ini. Di VPS ini saya mengganti OS nya pula dari Debian 8 32bit ke Ubuntu 14.04.3 32bit.

Kemudian yang kedua mengganti Apache dengan Nginx. Ini membuat menjadi lama juga, bagaimana tidak? Saya terbiasa konfigurasi Server menggunakan Apache, dan sekarang berpindah ke Nginx yang membuat saya harus belajar kembali. Bukanya tidak bisa dengan Apache, saya hanya mementingkan performa. Nginx ini terkenal dengan cepatnya, dan Apache terkenal dengan fiturnya. Saya menghabiskan waktu sekitar 3 Jam mempelajari Nginx ini dari mulai pembuatan Virtual Host, Perpindahan root document, hingga pengaktifkan SSL dari CloudFlare dan konversi .htaccess milik wordpress.

Lalu yang ketiga saya tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga dalam pengaturan Web ini, seperti virtualmin dan phpMyAdmin. Saya pikir ini tidak saya perlukan, karena konfigurasi manual itu bagi saya cukup menyenangkan, saya jadi benar-benar tahu cuma kekurangannya pada sisi waktu saja, lebih cepat menggunakan yang berbasis GUI.

Dan yang terakhir saya mengganti Mariadb menjadi MySQL dikarenakan MySQL berada dalam repositori official Ubuntu, saya tidak perlu menambahkan repositori dari luar. Mematikan SFTP dan FTP. Saya cukup melakukan pertukaran data dari localhost ke server atau sebaliknya menggunakan SCP. Semula saya gunakan SFTP karena kemudahannya, saya bisa akses langsung melalu FileZilla.

Well, itu saja yang bisa saya informasikan. Oiya, juga tidak lupa, mengenai pengaturan VPS ini, saya mencoba menuliskannya di sini. Sebelumnya sudah ada draftnya, namun perlu disunting kembali karena beberapa perubahan paket VPS yang saya beli ini. Semoga saja saya bisa capat menyelesaikan tulisannya. ?

Leave a Reply